Selasa, 24 Mei 2011

Ms. Word 2007 – Mail Merge


Di praktikum ini Penerapan Komputer di bahas tentang Aplikasi pengolahan kata untuk Windows, yaitu Microsoft Word. Inti yang dibahas tentang beberapa fungsi yang ada di Ms. Word :

  1. Mail Merge
  2. Page Break
  3. Table of Content
  4. Equation Editor
  5. Autotext table and Thesaurus
Berikut ini reviewnya :

Mail Merge

Terkadang kita perlu bikin surat untuk beberapa recipient yang isi dari suratnya sama. Ato pada kasus pembuatan sertifikat, kita cuma butuh ganti-ganti nama ato statusnya ( Pembicara, MC, Peserta ). Untuk kasus kaya gitu kita bisa pake salah satu fungsi yang disediain Ms. Word yaitu Mail Merge.
Untuk Ms. Word 2007, tahapnya adalah sebagai berikut :
  1. Buat file-nya ( surat ato sertifikat ). Misal pada surat, yang akan kita buat mail merge-nya adalah Nomor, Kepada, Alamat ( atau bagian lain yang diperlukan )
  2. Pilih Mailings – Start Mail Merge – Step by Step Mail Merge Wizard
Saatnya step-by-step Mail Merge :
Step 1
Saat muncul jendela Mail Merge di sebelah kanan, default yang terpilihnya adalah Letters.
Klik Next: Starting document
Step 2
Di step 2 ini, default yang muncul adalah Use the current document ( artinya kita hanya akan mengunakan document yang kita buka untuk proses Mail Merge)
Klik Next: Select recipients
Step 3
Asumsikan kita beum memiliki daftar penerima untuk Mail Merge, maka
  • Pilih Type a new list,
  • Pilih Create
    Akan muncul jendela baru dimana pada kolomnya tertera “Title”, “Last Name”, dll. Karna bukan itu yang kita butuhkan, maka kita pilih Costumize Columns
  • Hapus “Title”, “First Name”, dan semua daftar yang ada satu persatu
  • Jika daftar telah kosong, sekarang kita tambahkan dengan meng-klik tombol Add
  • Ketik Nomor
  • Klik tombol OK
  • Lakukan juga penambahan untuk Kepada dan Alamat sampai hasilnya kaya gini,
  • Kalau udah, klik tombol OK
  • Pada jendela baru yang muncul (New Address List), silahkan isi data pada baris pertama
  • Untuk menambahkan data baru, klik aja tombol New Entry, trus isi lagi deh 
  • Kalo dirasa daftar namanya udah cukup, klik tombol OK
  • Saat tampil jendela Mail Merge Recipients, pastikan semua nama telah ter-centang 
  • Kalo udah yakin semua nama ter-centang, klik tombol OK
  • Klik Next: Write your letters
Step 4
  1. Letakkan cursor di bagian yang akan kita tempatkan Nomor surat
  2. Klik menu More Items
  3. Pilih Nomor
  4. Klik tombol Insert
  5. Klik tombol Cancel
  6. Ulangi langkah 1 sampai 5 untuk mengisi Nomor dan Alamat
  7. Hasilnya nanti kaya gini
Klik menu Next: Preview you letters
Step 5
Pada tahap ini kita diperlihatkan hasil dari Mail Merge. Karna kita telah membuat 2 recipient, maka kita dapat melihatnya dengan meng-klik tombol panah >> atau <<
Step 6
Kita telah selesai membuat Mail Merge…
Kalau mau langsung print bisa mengklik menu Print atau jika ingin meng-edit individual bisa mengklik menu Edit individual letters.
Saat kita memilih Edit individual letters, maka masing-masing nama akan tampil di masing-masing halamannya.
download, klik <a href="http://www.ziddu.com/download/15169945/mergemail2007.docx.html">disini</a>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar